Tugas Pokok SESKOAD

Tugas Pokok Seskoad

  • Menyelenggarakan pendidikan pengembangan umum tertinggi di lingkungan TNI AD.
  • Menyelenggarakan pengkajian dan pengembangan matra darat dan masalah-masalah strategis.

SESKOAD : adalah lembaga pendidikan tertinggi di lingkungan TNI AD yang bertugas mengembangkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya para Pamen TNI AD menjadi calon pimpinan yang terbaik, terhormat dan disegani pada tingkatan menengah ke atas di lingkungan TNI AD.

  • Menyadari betapa pentingnya tugas dan fungsi Seskoad dalam menyiapkan kader-kader pimpinan TNI AD ke masa depan, maka pimpinan TNI AD selalu memberikan atensi dan memposisikan Seskoad untuk tetap berkualitas dalam menghasilkan calon-calon pimpinan TNI AD.
  • Sebagai lembaga pendidikan tertinggi yang diberi kepercayaan dan kehormatan dari pimpinan TNI AD, maka Seskoad bertekad dan bertanggungjawab untuk menampilkan kinerja terbaiknya baik dalam tataran proses penyelenggaraan pendidikan maupun pada tataran keluaran hasil pendidikan.
  • Menyadari tuntutan kebijakan pimpinan TNI AD terhadap kualitas calon pimpinan yang menjadi keluaran Seskoad maupun tuntutan operasional penyelenggaraan pendidikan Seskoad, maka setiap Pamen TNI AD yang memenuhi syarat harus mempersiapkan dirinya dalam rangka seleksi memasuki pendidikan. Demikian juga para Pamen yang berhasil lulus dalam seleksi mengikuti pendidikan Seskoad harus terpanggil untuk mengikuti secara sungguh-sungguh seluruh rangkaian proses pendidikan.
  • Setiap Pamen TNI AD keluaran pendidikan Seskoad senantiasa terpanggil untuk memberikan pengabdian terbaiknya kepada TNI AD apapun tugas dan jabatan yang diembankan kepadanya.

SESKOAD : adalah lembaga pengkajian strategik di lingkungan TNI AD yang bertugas mengkaji dan mengembangkan matra darat dan masalah strategi sebagai masukan kebijakan pembinaan unsur-unsur di jajaran TNI AD maupun yang bersifat peningkatan dan pengembangan kualitas eksistensi TNI AD sebagai pengawal, penegak dan penyelamat kedaulatan, keutuhan dan keselamatan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

  • Pimpinan TNI AD senantiasa memberikan atensi dan memposisikan Seskoad untuk tetap berkualitas dalam melakukan pengkajian dan pengembangan, baik menyangkut arahan tentang materi kajian maupun dukungan yang dibutuhkan.
  • Seskoad senantiasa berusaha konsisten dan konsekuen untuk menampilkan kinerja terbaiknya dalam pengkajian, bersifat internal dan eksternal. Bersifat internal diarahkan kepada pengembangan 10 komponen pendidikan, sedangkan eksternal mengacu kepada arahan pimpinan TNI AD maupun hasil analisis kebutuhan TNI AD ataupun kepentingan bangsa dan negara sebagai refleksi tuntutan perkembangan situasi.
  • Membangun mitra kerja pengkajian dan pengembangan bersama segenap civitas akademika di jajaran perguruan tinggi negri maupun swasta, terutama perguruan tinggi di seluruh Indonesia.

SESKOAD : dalam mengimplementasikan kedua keinginan di atas, Seskoad berupaya mengacu kepada SMART SYSTEM dengan kualitas terbaik, terhormat dan disegani, dengan makna sebagai berikut :

  • TERBAIK berarti setiap kegiatan dikerjakan oleh personel-personel terbaik, prosedur yang benar, sehingga hasilnyapun diharapkan terbaik pula.
  • TERHORMAT berarti tidak hanya dikerjakan oleh personel terbaik secara intelektual, tapi lebih kepada moral dan etika keprajuritan, sehingga hasilnyapun secara moral dapat mengangkat nama baik dan martabat Seskoad secara terhormat pula, baik yang menyangkut keluaran hasil didik maupun produk pengkajian dan pengembangan.
  • DISEGANI berarti Seskoad dituntut untuk mampu menampilkan performa terbaik dan terhormat di bidang pendidikan dan pengkajian secara berkesinambungan, sehingga pihak lain dengan sendirinya menimbulkan respek terhadap Seskoad.